23 Desember 2012

Rahasia Selalu Bersukacita

Seseorang diberi dua kotak oleh Tuhan, yang satu berwarna hitam dan satunya lagi berwarna emas. Ke dalam kotak hitam, Tuhan memintanya untuk memasukkan segala kesedihan dan masalahnya. Sedangkan segala sukacita dan pengalaman menyenangkan dimasukkan ke kotak emas.

Setelah sekian waktu, ia heran. Kotak emasnya bertambah berat, sementara kotak hitamnya tetap saja ringan. Penasaran, orang itu membuka kotak hitamnya. Ternyata ada lubang di dasar kotak itu, sehingga setiap hal yang ia masukkan tak tersimpan.

Ketika ia menanyakannya kepada Tuhan, Dia menjawab, "Agar kau selalu menghitung berkatmu, dan melupakan segala kepedihanmu."


Hati dan perasaan kita bisa diguncang oleh berbagai emosi dalam hari-hari yang kita jalani: susah, cemas, takut; sebab banyak persoalan menimpa kita secara pribadi.

Akan tetapi, firman Tuhan meminta kita agar selalu bersukacita. Bagaimana bisa? Kuncinya: bersukacita di dalam Tuhan.

Apa yang kita rasakan tidak selalu hal yang mendatangkan sukacita, tetapi Tuhan meminta kita agar memilih sikap tetap bersukacita, dengan menghitung berkat-berkat yang kita terima. Dia telah memberi kita begitu banyak kemurahan – tidak saja untuk hidup di dunia, tetapi juga sampai kekekalan.

Kita juga dapat meraih sukacita di dalam Tuhan dengan berbuat kebaikan, sebab dengan memberkati orang lain, kita jadi sadar bahwa kita punya berkat lebih.

Pula dengan tidak khawatir, sebab semua yang kita perlu pun, boleh kita minta kepada Tuhan.

Kiranya damai sejahtera dari Tuhan yang melampaui akal dan melampaui segala emosi yang bisa menyerang, memampukan kita untuk tetap bersukacita. —AW

Tuhan memampukan kita menang atas kesusahan melalui penyertaan-Nya yang tiada berkesudahan.

* * *

Sumber: e-RH, 29/3/2011 (diedit seperlunya)

Judul asli: Bersukacita Selalu

==========


Artikel Terbaru Blog Ini