29 November 2012

Tuhan bagi Semua Orang

Saya tidak bisa melupakan hari itu. Pemimpin ibadah kami berdiri di mimbar dengan mengenakan kerudung. Seolah membaca pikiran saya, ia bertanya apakah jemaat merasa terganggu dengan penampilannya.

Ia mengingatkan kami bahwa bagi jemaat abad pertama, mengenakan kerudung adalah hal yang normal, tetapi karena kekristenan di Indonesia banyak dibawa oleh misionaris barat, tradisinya jadi berbeda.


Jemaat mula-mula pun awalnya sulit menerima orang yang berbeda dari mereka.

Rasul Petrus, pemimpin jemaat mula-mula, adalah contoh yang nyata. Tuhan harus memberikan penglihatan khusus sebanyak tiga kali untuk memantapkan Petrus melangkah ke rumah seseorang yang bernama Kornelius.

Bangsa Yahudi memang dipanggil Tuhan untuk memisahkan diri dari bangsa-bangsa yang jahat dan menyembah berhala. Namun, itu tidak berarti mereka juga harus menjauhi orang-orang dari bangsa mana pun yang sungguh-sungguh mencari Tuhan.

Petrus menyadari kekeliruannya yang telah memandang rendah kaum yang tidak mengikuti tradisi Yahudi.

Periksalah hati kita saat melihat orang-orang yang beribadah kepada Tuhan dengan cara yang berbeda dengan kita. Apakah kita cenderung menjauh dan menjaga jarak? Apakah kita cenderung berpikir negatif dan menutup diri untuk berbicara tentang hal-hal rohani kepada mereka?

Tuhan memanggil kita untuk menyatakan kasih-Nya kepada semua orang, termasuk mereka yang berbeda dengan kita. —ITA

* * *

Sumber: e-RH, 29/11/2012 (diedit seperlunya)

Judul asli: Tuhan atas Semua Orang

==========


Artikel Terbaru Blog Ini