22 Februari 2013

Jawaban Doa

Seorang anak meminta kepada ayahnya sebuah tanaman bunga cantik untuk menghias taman di depan rumahnya. Namun, betapa kecewanya ia, sebab sang ayah malah memberinya kaktus yang berduri, bukan bunga cantik.

Bentuknya tak menarik, bahkan duri di seluruh permukaannya bisa mudah melukai. Walau demikian, karena kasihnya kepada sang ayah, anak itu tetap menerimanya. Ia memelihara kaktus itu.

Setelah beberapa waktu, muncul sepucuk bunga mungil nan cantik di ujung kaktusnya. Ia tak menyangka bahwa dengan bersabar, ia kini mendapati keindahan bunga yang diidamkannya.


Ketika kita memanjatkan doa kepada Tuhan, terkadang kita juga mendapat jawaban doa yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Bisa jadi jawaban doa yang kita terima justru sangat berbeda dengan apa yang kita pikir akan kita peroleh.

Bahkan, Tuhan sepertinya malah memberi kita hal yang sulit atau buruk di mata kita. Ketika menerimanya, bisa jadi kita merasa sangat kecewa. Akan tetapi, pemazmur mengatakan, “Asal tak ada niat jahat di hati kita, Tuhan memerhatikan dan tidak menolak doa kita, sekalipun jawaban yang kita terima berbeda.” (Mazmur 66:18-20)

Yang perlu kita yakini adalah, Tuhan tidak pernah salah menjawab doa kita. Meski kadang Tuhan mengabulkan doa dan permohonan kita dengan cara yang unik, atau tidak serta merta menjawab doa dan mengabulkan permintaan kita; kita perlu percaya Dia tidak akan memberi hal buruk kepada kita.

Jika jalan-Nya berbeda, Dia selalu punya tujuan yang lebih baik. Setiap hal yang dipercayakan kepada kita, adalah jembatan menuju berkat dan sukacita yang sejati. —SR

Tuhan tak selalu memberi apa yang kita minta, tetapi percayalah Dia memberi yang tepat bagi kita.

* * *

Sumber: e-RH, 7/5/2011 (diedit seperlunya)

Judul asli: Bunga atau Kaktus?

==========


Artikel Terbaru Blog Ini